Home » , » Arti Belawa

Arti Belawa

Written By Asrul Sirajuddin on Saturday, 9 August 2014 | 10:31

Belawa adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kecamatan ini terdiri dari beberapa desa, antara lain: Wele'e, Sappa'e, Lonratodang, Macero, Malakke, Limporilau, Ongkoe, Tippulu, Tokadde,Lonrayase, Bola Aserae,paopance,Timoreng. Selain itu ada beberapa organisasi Masyarakat dan keagamaan di belawa diantaranya: Ikatan Kerukunan Masyarakat Belawa / IKMB , Ikatan Abituren Madrasah As'adiyah/ IKAMA, Ikatan Pelajar Muhammadiyah / IPM dll. Di kec.Belawa ada sebuah Masjid yg cukup terkenal di Wajo bahkan diSulsel karena Karomahnya, Masjid Tersebut Adalah MASJID BESAR DARUSSALAM yg berposisi di Menge Belawa. Penduduk dikenal sangat Agamis dan Perantau.

Arti Lambang KEC.BELAWA
1.Tulisan TOSAGENA menandakan bahwa SYEH dari BELAWA yg cukup di segani di jamannya... Dimakamkan di pekuburan para wali di tanah suci yg bernama SUBAEKAH.
2. 7 bintang menandakan 7 pemberani dari BELAWA yg bergelar OROWANE PITUE.
3. Pohon Bercabang 2 dan beranting 6 berarti pohon BELAWA yg merupakan cikal bakal nama Belawa.. Cabang 2 berarti dulunya belawa terbagi 2 yaitu BELAWA ALAU dan BELAWA ORAI sedangkan 6 Ranting berarti dulunya BELAWA mempunyai 6 Limpo (kampung).
4. Gambar Masjid Darussalam menandakan orang belawa 100% beragama ISLAM dan sangat Agamis
5.Padi,jagung,kacang,ikan adalah penghasilan utama BELAWA
6.Tulisan BELAWA SEUWA berarti Belawa adalah wanua masengereng (penuh kenangan) dan besar.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : 125Project | Mas Template
Copyright © 2014. Selamat Datang di Web Belawa - All Rights Reserved
Mainteance by Admin